Sunday 16 November 2008

UPAYA PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Pendidikan diharapkan sebagai proses latihan memanusiakan manusia dan juga peserta didik mampu mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi dan memecahkan semua permasalahan yang akan dihadapi didalam kehidupanya.
Pemasaran yaitu proses menawarkan kepada masyarakat, mengenai kwalitas yang dimiliki sebuah lembaga pendidikan yang sesuai dengan apa yang di inginkan oleh masyarakat tertentu.
1. Konsep dasar pemasaran jasa pendidikan.
 Kebutuhan yaitu suatu keadaan dimana seseorang merasa kehilangan sesuatu.
 Permintaan adalah keinginan manusia yang didukung daya beli. Supaya masyarakat bisa tertarik dengan lembaga pendidikan yang kita kelola, maka kita harus mampu untuk memenuhi permintaan-permintaan yang di inginkan oleh masyarakat.
 Produk segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada masyarakat untuk mendapatkan perhatian. Lembaga pendidikan harus mampu untuk mencetak peserta didiknya, yang mempunyai kwalitas tinggi sehingga bisa dibutuhkan dan dicari-cari oleh semua pihak yang terkait.
2. Pemasaran jasa pendidikan adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, akan keberadaan sebuah lembaga pendidikan, yang mempunyai kwalitas.
3. Tujuan pemasaran jasa pendidikan adalah keandalan, daya tanggap, kepastian, empaty dan berwujud.
4. Fungsi dan konsep pemasaran yaitu meningkatkan kwalitas dan konsepnya adalah konsep produk, konsep produk atau jasa, konsep penjualan dan konsep pemasaran kemasyarakatan.
5. Rencana dan langkah pemasarannya adalah rencana tahunan, rencana jangka panjang dan rencana strategik. Langkah pemasaranya meliputi, identifikasi pasar,segmentasi pasar dan positioning,diferensial produk, dan komunikasi.
6. Cara untuk memasarkan jasa pendidikan diantaranya adalah melalui Iklan, Televisi, Koran, Brosur, dan juga Spanduk dan juga internet

No comments: