Sunday 16 November 2008

PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Pengembangan Profesi, adalah kegiatan guru dalam rangka pengalaman ilmu dan pengetahuan, teknologi dan ketrampilan untuk peningkatan mutu baik bagi proses belajar mengajar dan profesionalisme tenaga kependidikan lainnya maupun dalam rangka menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pendidikan dan kebudayaan.
Macam kegiatan guru yang termasuk kegiatan Pengembangan Profesi adalah :
1. Melaksanakan kegiatan karya tulis/karya ilmiah di bidang pendidikan
2. Menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan
3. Membuat alat pelajaran / peraga atau alat bimbingan
4. Menciptakan karya seni
5. Mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum
Macam-macam karya tulis / karya ilmiah di bidang pendidikan
Karya tulis ilmiah di bidang pendidikan terdiri dari :
1. Karya (tulis) ilmiah hasil penelitian, pengkajian, survey, dan atau evaluasi di bidang pendidikan.
2. Karya tulis atau makalah yang berisi tinjauan atau ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri dalam bidang pendidikan.
3. Tulisan ilmiah popular di bidang pendidikan dan kebudayaan yang disebarluaskan melalui media masa.
4. Prasaran yang berupa tinjauan, gagasan atau ulasan ilmiah yang disampaikan dalam pertemuan ilmiah (pemakalah).
5. Buku pelajaran atau modul.
6. Diktat pelajaran.
7. Karya penerjemahan buku pelajaran / karya ilmiah yang bermanfaat bagi pendidikan.

JENIS – JENIS SOFTWARE

Software computer terdiri dari 2 macam, yaitu:
1. Software Aplikasi
Software ini melakukan pekerjaan pemrosesan informasi bagi Pemakai Akhir. Software ini dibagi menjadi 2 yaitu, Program Aplikasi Umum dan Program Aplikasi Khusus.

2. Software Sistem
Software ini mengelola dan mendukung Operasi Sistem serta Jaringan Komputer. Software ini dibagi menjadi 2 yaitu, Program Manajemen Sistem dan Program Pengembangan Sistem.


SOFTWARE APLIKASI BISNIS

Sofware khusus tersedia untuk mendukung aplikasi khusus para pemakai akhir dalam bisnis dan bidang lainnya. Contohnya, software aplikasi bisnis mendukung perekayasaan ulang dan otomatisasi proses bisnis dengan aplikasi e-business strategis seperti manajemen hubungan pelanggan, enterprise resource planning dan manajemen rantai pasokan.





SOFTWARE SUITE dan PAKET TERINTEGRASI

Software aplikasi yang terkenal dengan melihat pada berbagai software Suite. Ini dilakukan karena software produktivitas yang paling banyak sebagai software suite seperti Microsoft Office, Lotus Smart Suite, Corel Word Perfect Office, Star Office dari Sun. Sebuah software suite berbiaya jauh lebih murah daripada biaya total pembelian software-software di dalamnya secara terpisah.Kelebihan lainnya adalah program – programnya didesain bekerja bersama tanpa melihat dan mengimpor file dengan mudah, tidak peduli program apa yang sedang anda gunakan pada saat itu.

UPAYA PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Pendidikan diharapkan sebagai proses latihan memanusiakan manusia dan juga peserta didik mampu mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi dan memecahkan semua permasalahan yang akan dihadapi didalam kehidupanya.
Pemasaran yaitu proses menawarkan kepada masyarakat, mengenai kwalitas yang dimiliki sebuah lembaga pendidikan yang sesuai dengan apa yang di inginkan oleh masyarakat tertentu.
1. Konsep dasar pemasaran jasa pendidikan.
 Kebutuhan yaitu suatu keadaan dimana seseorang merasa kehilangan sesuatu.
 Permintaan adalah keinginan manusia yang didukung daya beli. Supaya masyarakat bisa tertarik dengan lembaga pendidikan yang kita kelola, maka kita harus mampu untuk memenuhi permintaan-permintaan yang di inginkan oleh masyarakat.
 Produk segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada masyarakat untuk mendapatkan perhatian. Lembaga pendidikan harus mampu untuk mencetak peserta didiknya, yang mempunyai kwalitas tinggi sehingga bisa dibutuhkan dan dicari-cari oleh semua pihak yang terkait.
2. Pemasaran jasa pendidikan adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, akan keberadaan sebuah lembaga pendidikan, yang mempunyai kwalitas.
3. Tujuan pemasaran jasa pendidikan adalah keandalan, daya tanggap, kepastian, empaty dan berwujud.
4. Fungsi dan konsep pemasaran yaitu meningkatkan kwalitas dan konsepnya adalah konsep produk, konsep produk atau jasa, konsep penjualan dan konsep pemasaran kemasyarakatan.
5. Rencana dan langkah pemasarannya adalah rencana tahunan, rencana jangka panjang dan rencana strategik. Langkah pemasaranya meliputi, identifikasi pasar,segmentasi pasar dan positioning,diferensial produk, dan komunikasi.
6. Cara untuk memasarkan jasa pendidikan diantaranya adalah melalui Iklan, Televisi, Koran, Brosur, dan juga Spanduk dan juga internet